\\(^^)//


Hei hei !! Selamat Datang Di blog ini..^^ semoga mengedukasi dan menginspirasi yaa ..

Sabtu, 28 September 2013

Kutipan "The Blue Future of Indonesia" - Rokhmin Dahuri

Di antara banyak sektor ekonomi berbasis SDA dan jasa lingkungan, pada hemat saya, sektor kelautanlah yang paling potensial sebagai sumber pertumbuhan baru sekaligus keunggulan kompetitif Indonesia dalam rangka mewujudkan Visi Indonesia 2030. Keyakinan ini berdasarkan pada alasan historis-geografis, potensi pembangunan (ekonomi),maupun kecenderungan (trend) peradaban umat manusia di masa mendatang. Sebelum penjajahan, kita pernah menjadi bangsa besar, makmur serta disegani bangsa- bangsa lain dalam peraturan global karena kita mendayagunakan potensi kelautan secara serius.

Dari abad ketujuh sampai abad ke 13, Sriwijaya dan Majapahit, dua kerajaan maritim terbesar di dunia, menguasai wilayah dan perdagangan yang meliputi Indonesia, Singapura, Malaysia, Siam (Thailand), Kamboja, Papua Nugini, serta sebagian India dan China. Kedua kerajaan ini menerapkan konsep sea power, yakni paradigma pembangunan negara -bangsa yang berfokus pada kekuatan laut.

Asalkan kita mampu mengelola pendayagunaan kekayaan alam, baik yang di laut maupun di darat, secara profesional dengan menerapkan IPTEK dan etos kerja unggul, visi Indonesia 2030 bisa terwujud

Di Laut Bangsa ini Pernah Jaya
Dari Laut pula Indonesia bisa Kembali Berjaya!!


~~Sangat menginspirasi dan membangkitkan semangat !!~~

Tidak ada komentar:

Posting Komentar