\\(^^)//


Hei hei !! Selamat Datang Di blog ini..^^ semoga mengedukasi dan menginspirasi yaa ..

Selasa, 14 Januari 2014

Be grateful :)




  BERSYUKUR 

                                                                                            












 "Ucaplah syukur dalam segala hal, 
sebab itulah yang dikehendaki Allah
di dalam Kristus Yesus bagi kamu"
- I Tesalonika 5 : 18


Ada seorang kiai memberi ceramah penyejuk kalbu yang disiarkan oleh sebuah radio pemerintah di sebuah kota. Kiai tersebut mengatakan bahwa bersyukur kepada Allah itu ternyata tidak mudah.
Banyak orang tidak  bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Allah. Dalam bersyukur, manusia sering kalah dengan katak. Kalau turunu hujan, katak bersyukur kepada Allah dengan ngorek atau bernyanyi riang di kolam. Namun, manusia ketika menerima nikmat dari Allah, malah sering lupa bersyukur. Benar juga kata kiai tersebut!


Rasul Paulus melalui suratnya mengingatkan kepada umat kristiani di Tesalonika dan juga kepada kita semua agar bersyukur. Bahkan, brsyukur dalam segala hal! Bukan hanya bersyuku dalam hal yang menyenangkan. Namun, dalam segala hal! Berarti, senantiasa bersyukur baik dalam suka maupun duka! Rasul Paulus mengatakan: ""Ucaplah syukur dalam segala hal, sebab itulah yang dikehendaki Allah di dalam Kristus Yesus bagi kamu"


Tentu, nasihat Rasul Paulus ini tidak mudah dilakukan. Bersyukur saat kita bersukacita itu gampang! Namun, bersyuku saat kita mengalami dukacita itu sangat sulit! Meskipun ada juga orang yang tidak mau bersyukur, padahal mengalami sukacita! Tetapi, memang bersyukur dalam kesusahan itu lebih sulit dilakukan ketimbang bersyukur dalam keadaan sukacita. Adapun Rasul Paulus menasihati kita agar bersyukur dalam segala hal, baik dalam suka maupun duka!

Namun demikian, apakah berarti nasihat Rasul Paulus itu mustahil untuk dilakukan? Tentu tidak! Sulit memang, tetapi bisa dilakukan! Bagaimana caranya? Caranya dengan meyakini beberapa hal berikut ini.

Yang pertama, kita harus yakin  bahwa apapun yang menimpa hidup kita, baik suka maupun duka, Allah turut bekerja mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Allah. Rasul Paulus meyakini hal itu dengan menyatakan : "Kita tahu sekarang bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia." Roma 8 : 28.
Nyanyian Kidung Jemaat 408 : 1 juga menarik sekali untuk dihayati.

Di jalanku 'ku diiringi oleh Yesus, Tuhanku
Apakah yang kurang lagi jika Dia Panduku?
Diberi damai Surgawi asal imanku teguh
Suka duka dipakai - Nya untuk kebaikanku;
Suka duka dipakai - Nya untuk kebaikanku


Kalau kita yakin bahwa Tuhan turut bekerja dalam segala sesuatu, baik suka maupun duka, untuk mendatangkan kebaikan kita, maka kita terdorong untuk hidup penuh dengan syukur.

Kedua, kita harus yakin bahwa Allah dapat melakukan jauh lebih banyak daripada yang kita doakan dan pikirkan.  Rasul Paulus menyatakan : "Dia yang dapat melakukan jauh lebih banyak daripada yang kita doakan atau pikirkan." Efesus 3 : 20 

Kalau sabda ini kita yakini sungguh - sungguh, walaupun kita sedang mengalami kesulitan besar, kita tetap dapat bersyukur.


Ketiga, kita harus yakin bahwa bagi Allah tidak ada yang mustahil. Malaikat Gabriel mengatakan begini : "Sebab bagi Allah tidak ada yang mustahil." Lukas 1 :37

Apapun bisa dilakukan oleh Allah demi kasih Nya kepada manusia, agar manusia hidup dalam hubungan yang benar dengan Allah dan dengan ciptaan Nya yang lainnya.
Kalau hal ini kita yakini sungguh - sunguh, meskipun kita sedang mengalami jalan buntu untuk mengatasi persoalan hidup kita, kita masih bisa besyukur.





Keempat, kita harus yakin bahwa kasih Allah pada kita itu  sangat kuat,  sehingga siapapun dan apapun tidak ada yang dapat memisahkan kita dari kasih Allah tersebut.

Rasul Paulus bilang : "Sebab aku yakin bahwa baik maut maupun hidup, baik malaikat- malaikat maupun pemerintah - pemerintah, baik yang ada sekarang maupun yang akan datang, atau kuasa - kuasa, baik yang ada di atas maupun yang dibawah, ataupun sesuatu makhluk lain, tidak akan dapat memisahkan kita dari kasih Allah, yang ada dalam Kristus Yesus, Tuhan kita" Roma 8 : 38.39

Kalau kita yakin bahwa kita berada dalam kasih Allah yang begitu kuat, kita dapat bersyukur meski dalam kesusahan.

Kelima, kita harus yakin bahwa rancangan Allah bagi kita adalah rancangan damai sejahtera, bukan rancangan kecelakaan. Kitab Yeremia 29 : 11 katakan : "Sebab Aku ini mengetahui rancangan - rancangan apa yang ada pada- Ku mengenai kamu, demikianlah firman Tuhan, yaitu ranccangan damai sejahtera dan bukan rancangan kecelakaan, untuk memberikan kepadamu hari depan yang penuh harapan."

Kalau kita yakin bahwa Allah tidak merancang kecelakaan bagi kita, tetapi damai sejahtera, kita pasti masih bisa bersyukur meski tertekan dan dirundung malang


Keenam, kita harus yakin bahwa Allah senantiasa menyertai kita dan memegang tanga kita serta selalu siap menolong kita. 
Baca Matius 28 : 20 dan Yesaya 41 : 13

Ketujuh, kita harus yakin bahwa kita adalah anak anak Allah, jika kita sungguh - sungguh percaya kepada Tuhan Yesus Kristus. Rasul Paulus mengatakan hal itu dalam Galatia 3 : 26 (baca :D )

Dan, ketika kita adalah anak - anak Allah, tidak mungkin Allah akan melupakan kita.
Cek di Yesaya 49 : 15 :D
Kalau kita meyakini bahwa kita anak - anak Allah berkat tanggungan Tuhan Yesus Kristus, kita akan terdorong untuk hidup penuh dengan rasa syukur. Karena sebagai anak Allah kita pasti senantiasa dipelihara dan dilindungi Allah dengan penuh kasih dalam situasi apapun.

Tentu masih banyak lagi yang harus kita yakini yang dapat mendorong kita hidup senantiasa bersyukur dalam segala hal.
Pendek kata, ketika kita meyakini Allah dengan segala kebaikan Nya yang telah dibuktikan melalui pengorbanan Yesus di kayu salib, dan bangkit lagi, dan hal itu menjadikan kita yang percaya beroleh keselamatan yang sejati, kita pasti hidup dengan senantiasa penuh syukur.

Oleh karena itu, NKJ 450 :1 berikut ini penting untuk dihayati :D



Hidup kita yang benar haruslah mengucap syukur
dalam Kristus bergemar, janganlah tekebur
dalam susah pun senanga; dalam segala hal
Aku bermazmur dan ucap syukur; itu kehendak - Nya!


ketika kita dapat senantiasa bersyukur dalam segala hal, hidup kita penuh dengan senyum. Senyum bahagia 
:D



Tuhan Yesus mengasihimu :D
Dia sayang sama kamu..


--Dari buku "Hadapi dengan Senyuman" Karya : Pdt. (Em) Djimanto Setyadi, S.Th--
Sumber gambar : Fb Knowing Jesus, idbite.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar